Jumat, 02 November 2007

Tugas Mata Kuliah Evaluasi Program Pendidikan

Syarat-syarat dan Macam-Macam Evaluator

Untuk dapat menjadi evaluator, seseorang harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1. Mampu melaksanakan, artinya bahwa evaluator harus memiliki kemampuan untuk melaksanakan evaluasi yang didukung oleh teori dan keterampilan praktik.
2. Cermat, artinya bahwa seorang evaluator harus dapat melihat celah-celah dan detail dari program serta bagian program yang akan dievaluasi.
3. Objektif, artinya bahwa tidak mudah dipengaruhi oleh keinginan pribadi, agar dapat mengumpulkan data sesuai dengan keadaannya selanjutnya dapat mengambil kesimpulan sebagaimana diatur oleh ketentuan yang harus diikuti.
4. Sabar dan tekun, artinya bahwa tidak gegabah dan tergesa-gesa dalam melaksanakan tugas yang dimulai dari membuat rancangan kegiatan dalam bentuk penyusunan proposal, instrumen, pengumpulan data dan penyusunan laporan.
5. Hati-hati dan bertanggung jawab, artinya bahwa dalam melakukan pekerjaan evaluasi dengan penuh pertimbangan, namun apabila terdapat kekeliruan yang diperbuat harus berani menanggung resiko atas segala kesalahannya.
Berdasarkan persyaratan diatas dapat disimpulkan bahwa tidak semua orang dapat menjadi evaluator.

Evaluator dapat diklasifikasikan menjadi dua macam yaitu: 1. Internal evaluator (evaluator dalam) 2. Eksternal evaluator (evaluator luar).
1. Internal evaluator adalah petugas evaluasi program sekaligus merupakan salah seorang dari petugas atau anggota pelaksana program yang dievaluasi.
2. Eksternal Evaluator adalah orang-orang yang tidak terkait dengan kebijakan dan implementasi program. maka tim evaluator luar ini biasa disebut independent team.
Jadi titik perbedaan dari keduanya adalah terletak pada tanggung jawab tugas yang di berikan. Kalau evaluator dalam harus bertanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan program yang di evaluasi, sedangkan evaluator luar adalah pihak asing yang tidak tahu-menahu dan tidak berkepentingan dengan program, maka tim evaluator ini perlu mempelajari program yang akan di evaluasi.

Tidak ada komentar: