Minggu, 23 September 2007

Tugas kedua Ev. Program Pendidikan

Konsep Dasar Penilaian Menurut Islam

Penilaian dalam dunia pendidikan adalah sebuah umpan balik dari proses belajar siswa secara sistematis di kelas, sehingga si pendidik mengetahui hasil dari proses belajar siswa baik yang bernilai tinggi maupun rendah. penilaian berbasis kelas dapat berupa pengumpulan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi yang ditetapkan.
Penilaian hasil belajar secara sistematis dan berkelanjutan bertujuan untuk:
a. Menilai hasil belajar siswa di sekolah
b. Mempertanggung jawabkan penyelenggaraan pendidikan kepada masyarakat,dan
c. Agar dapat mengetahui mutu pendidikan di sekolah
Dalam melaksanakan penilaian dikelas guru perlu memperhatikan prinsip-prinsip yang diatur dalam ajaran islam maupun dalam konsep pendidikan sebagai berikut:
1. Valid, penilaian harus mengukur pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan.
2. Educatif, penilaian dilakukan untuk memotivasi siswa dalam pencapaian kompetensi.
3. Obyektif/Jujur, penilaian dilakukan untuk mengukur potensi siswa yang sesungguhnya tanpa ada suatu hal yang mengintervensi penilaian tersebut.
4. Transparan, proses penilaian harus terbuka bagi semua pihak yang berkepentingan.
5. Adil, proses penilaian harus dilakukan secara adil sesuai dengan kompetensi yang dimiliki masing-masing siswa. Dalam surat Al-Maidah Ayat 8 di jelaskan bahwa " Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan kebenaran karena, Allah menjadi saksi dengan adil. dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
6. Berkesinambungan, yaitu penilaian dilakukan secara berencana, bertahap dan terus menerus.
7. Menyeluruh, Penilaian dilakukan dengan berbagai cara (tehnik dan prosedur) yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
8. Bermakna, penilaian hendaknya mudah dipahami, mempunyai arti, bermanfaat dan dapat ditidaklanjuti oleh semua pihak.
Demikianlah konsep penilaian menurut islam dan konsep pendidikan yang sebenarnya.